Jenis, Syarat, Tujuan dan Lama Pendidikan

Anda bisa memilih mengikuti pendidikan di dalam negeri -- seperti pada artikel pertama tulisan saya -- atau mengikuti pendidikan di luar negeri. Pada dasarnya kedua-duanya sama saja. Hanya saja, jika Anda mengikuti pendidikan di luar negeri -- di Filipina atau India misalnya -- dari awal Anda akan membiasakan diri Anda bergaul secara internasional sehingga kemnungkinan besar Anda akan dengan mudah memperoleh pekerjaan di kapal-kapal internasional. Pergaulan Anda dengan rekan-rekan sekelas Anda dari Filipina atau India sebenarnya sama saja dengan membuat sebuah network jaringan pekerjaan. Setelah lulus Anda bisa berhubungan dengan mereka dan memperoleh informasi lowongan pekerjaan di kapal-kapal berbendera asing dari mereka. Insya Allah saya akan menyiapkan artikel baru secara khusus mengenai hal ini ...



Basic Safety Training (BST)
Masa berlaku untuk sertifikat: Tidak ada batasan (no limitation), tergantung kebutuhan perusahaan /pengguna (Berdasarkan keputusan pemerintah)
  • Fotocopy tanda pengenal (ID) / KTP
  • Berusia minimal 16 tahun
  • Memiliki surat kesehatan yang masih berlaku
Memenuhi  persyaratan :
  • IMO, STCW ’95 code  section  A  VI / 1.
  • Setelah mengikuti pelatihan, para peserta dapat meningkatkan kesadaran dan kemampuannya, baik dalam hal pengetahuan maupun keterampilan untuk menunjang usaha menciptakan dan memelihara keselamatan, kesehatan kerja dan perlindungan lingkungan maritim serta membina hubungan kerja yang baik di atas kapal sesuai ketentuan IMO (Konvensi STCW).
  • Lama Penlat : 08 Hari Kerja

Proficiency In Survival Craft and Rescue Boats (PSCRB)
Masa berlaku untuk sertifikat: Tidak ada batasan (no limitation), tergantung kebutuhan perusahaan /pengguna (Berdasarkan keputusan pemerintah)
  • Fotocopy tanda pengenal (ID) / KTP
  • Berusia minimal 16 tahun
  • Memiliki surat kesehatan yang masih berlaku
  • Memiliki sertifikat BST
Memenuhi  persyaratan :
  • IMO, STCW ’95 code  section  A  VI / 2.
  • Setelah mengikuti pelatihan, para peserta dapat meningkatkan kesadaran dan kemampuannya, baik dalam hal pengetahuan maupun keterampilan untuk melaksanakan tugas dalam hal peluncuran sekoci penolong, rakit penolong dan sekoci penyelamat serta mengatur dan mengevakuasi pelayar dari kapal, menggunakan peralatan sea survival yang tersedia termasuk peralatan komunikasi dan isyarat bahaya yang ada di atas  kapal dengan benar sesuai ketentuan IMO (Konvensi STCW).
  • Lama Penlat : 03 Hari Kerja

Advanced Fire Fighting (AFF)
Masa berlaku untuk sertifikat: Tidak ada batasan (no limitation), tergantung kebutuhan perusahaan /pengguna (Berdasarkan keputusan pemerintah)
  • Fotocopy tanda pengenal (ID) / KTP
  • Berusia minimal 16 tahun
  • Memiliki surat kesehatan yang masih berlaku
  • Memiliki sertifikat BST
Memenuhi  persyaratan :
  • IMO, STCW ’95 code  section  A  VI / 3.
  • Setelah mengikuti pelatihan, para peserta dapat meningkatkan kesadaran dan kemampuannya, baik dalam hal pengetahuan maupun keterampilan untuk memberi perintah, menangani anggota regu dengan benar dan mampu mengawasi pelaksanaan pemadaman kebakaran dengan menggunakan berbagai teknik yang dipelajari selama pelatihan, juga memperoleh pengetahuan tentang pencegahan kebakaran dan kemampuan untuk memeriksa, merawat sistim pemadaman kebakaran dan peralatannya di atas  kapal dengan benar sesuai ketentuan IMO (Konvensi STCW).
  • Lama Penlat : 04 Hari Kerja

Medical First Aid (MFA)
Masa berlaku untuk sertifikat: Tidak ada batasan (no limitation), tergantung kebutuhan perusahaan /pengguna (Berdasarkan keputusan pemerintah)
  • Fotocopy tanda pengenal (ID) / KTP
  • Berusia minimal 16 tahun
  • Memiliki surat kesehatan yang masih berlaku
  • Memiliki sertifikat BST
Memenuhi  persyaratan :
  • Standards of Training, Certification and Wacthkeeping for seafarers (STCW) 1978, amandement 1995, peraturan  VI/4.1  dan  code  section  A  VI/4.1  tabel  A.VI/4 -1
  • Setelah mengikuti pelatihan, para peserta dapat meningkatkan kesadaran dan kemampuannya, baik dalam hal pengetahuan maupun keterampilan untuk dapat bertindak segera dalam memberikan pertolongan pertama  (first  aid)  pada kecelakaan di tempat kerja serta memberikan perawatan sementara sampai datang orang yang berwenang memberikan penanganan medis di atas kapal dengan baik,  sesuai  ketentuan IMO,  STCW  '95  bab  VI,  peraturan  VI / 4
  • Lama Penlat : 02 Hari Kerja

Ship Security Officer Training (SSOT)
Masa berlaku untuk sertifikat: Tidak ada batasan (no limitation), tergantung kebutuhan perusahaan /pengguna (Berdasarkan keputusan pemerintah)
  • Fotocopy tanda pengenal (ID) / KTP
  • Berusia minimal 16 tahun
  • Memiliki surat kesehatan yang masih berlaku
  • Memiliki sertifikat BST/ANT/ATT
Memenuhi  persyaratan :
  • Bag. A/2.1.6, bag. A/1.2 dan 12.2 Konvensi ISPS Code
  • Setelah mengikuti pelatihan, diharapkan para peserta dalam hal ini bertindak sebagai perwira keamanan kapal dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam keamanan, memelihara rencana keamanan kapal serta sebagai contact person dalam berhubungan dengan perwira keamanan perusahaan dan perwira keamanan fasilitas pelabuhan dengan baik sesuai Konvensi ISPS Code.
  • Lama Penlat : 02 Hari Kerja

Medical Care (MC)
Masa berlaku untuk sertifikat: Tidak ada batasan (no limitation), tergantung kebutuhan perusahaan /pengguna (Berdasarkan keputusan pemerintah)
  • Fotocopy tanda pengenal (ID) / KTP
  • Berusia minimal 16 tahun
  • Memiliki surat kesehatan yang masih berlaku
  • Memiliki sertifikat BST dan MFA
Memenuhi persyaratan :
  • IMO, STCW ’95 code  section  A  VI / 4.
  • Setelah mengikuti pelatihan, para peserta dapat meningkatkan kesadaran dan kemampuannya, baik dalam hal pengetahuan maupun keterampilan mengenai pertolongan yang harus diberikan secepatnya secara efektif pada saat terjadi kecelakaan atau keadaan sakit yang mungkin terjadi di kapal sampai datang orang yang berwenang memberikan penanganan medis dengan benar sesuai ketentuan IMO (Konvensi STCW)
  • Lama Penlat : 04 Hari Kerja

Company Security Officer Training (CSOT)
Masa berlaku untuk sertifikat: Tidak ada batasan (no limitation), tergantung kebutuhan perusahaan /pengguna (Berdasarkan keputusan pemerintah)
  • Fotocopy tanda pengenal (ID) / KTP
  • QSE, nakhoda/ senior officer, kepala /staf  operasi kapal , kepala/staf armada, kepala/staf pengawakan
  • Memiliki surat kesehatan yang masih berlaku
Memenuhi  persyaratan :
  • Bag. A/2.1.7 (dan Paragraph 11 dan Bag. A/ 11.2) Konvensi ISPS Code
  • Setelah mengikuti pelatihan, diharapkan para peserta dalam hal ini bertindak sebagai Perwira Keamanan Perusahaan dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam melaksanakan penilaian, membuat rencana keamanan kapal (Ship Security Plan), menjalankan, memelihara rencana keamanan kapal yang telah dibuat serta sebagai contact person dalam hal keamanan dengan perwira keamanan kapal dan perwira keamanan fasilitas pelabuhan dengan baik sesuai Konvensi ISPS Code.
  • Lama Penlat : 03 Hari Kerja

Port Facility Security Officer Training (PFSOT)
Masa berlaku untuk sertifikat: Tidak ada batasan (no limitation), tergantung kebutuhan perusahaan /pengguna (Berdasarkan keputusan pemerintah)
  • Fotocopy tanda pengenal (ID) / KTP
  • Marine Terminal  Superintendent, Mooring Master/Pilot/ Nakhoda/Senior Officer, Health and Safety Officer ( LK3 ), Kepala Depot / Instalasi Tangki & Pengapalan, Kepala/ staf Operasi Pelabuhan, Petugas Security
  • Memiliki surat kesehatan yang masih berlaku
Memenuhi  persyaratan :
  • Bag. A/2.1.8 (dan Bag. A/17 dan 17.2) Konvensi ISPS Code
  • Setelah mengikuti pelatihan, diharapkan para peserta dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam menerapkan manajemen keamanan pelabuhan sesuai ketentuan konvensi “International Ship and Port Facility Security Code”  dan bila diperlukan mampu menyusun “Port Facility Security Assessment” dan “Port Facility Security Plan” sebagaimana yang diatur dalam ISPS-Code.
  • Lama Penlat : 03 Hari Kerja

Tanker Familiarization Training (TF)
Masa berlaku untuk sertifikat: Tidak ada batasan (no limitation), tergantung kebutuhan perusahaan /pengguna (Berdasarkan keputusan pemerintah)
  • Fotocopy tanda pengenal (ID) / KTP
  • Berusia minimal 16 tahun
  • Memiliki surat kesehatan yang masih berlaku
  • Memiliki sertifikat BST
Memenuhi  persyaratan :
  • IMO, STCW ’95 code  section  A  V / 1.1
  • Setelah mengikuti pelatihan, para peserta dapat meningkatkan kesadaran dan kemampuannya, baik dalam hal pengetahuan maupun keterampilan mengenai kegiatan  aktifitas  muat – bongkar  kapal-kapal  tanki  gas,  oil  dan  chemical dengan benar sesuai ketentuan IMO (Konvensi STCW).
  • Lama Penlat : 05 Hari Kerja

Oil Tanker Specialized Training Program (OTSTP)
Masa berlaku untuk sertifikat: 5 tahun (Berdasarkan keputusan pemerintah)
  • Fotocopy tanda pengenal (ID)/ KTP
  • Berusia minimal 16 tahun
  • Perwira/ Nakhoda/ KKM/ Rating
  • Memiliki surat kesehatan yang masih berlaku
  • Memiliki sertifikat BST dan TF
Memenuhi  persyaratan :
  • IMO Model Course 1.02, STCW ’95 peraturan V / 1 – 2.2
  • Setelah mengikuti pelatihan, para peserta dapat meningkatkan kesadaran dan kemampuannya, baik dalam hal pengetahuan maupun keterampilan untuk melaksanakan  tanggung  jawab  dalam  pemuatan dan  pembongkaran serta pemeliharaan muatan  atau  penanganan  muatan  pada  kapal  tanker  minyak dengan benar.
  • Lama Penlat : 05 Hari Kerja

Chemical Tanker Specialized Training Program (CTSTP)
Masa berlaku untuk sertifikat: 5 tahun (Berdasarkan keputusan pemerintah)
  • Fotocopy tanda pengenal (ID) / KTP
  • Berusia minimal 16 tahun
  • Perwira/ Nakhoda/ KKM/ rating
  • Memiliki surat kesehatan yang masih berlaku
  • Memiliki sertifikat BST dan TF
Memenuhi  persyaratan :
  • IMO Model Course 1.04, STCW ’95 peraturan V / 1 – 2.2
  • Setelah mengikuti pelatihan, para peserta dapat meningkatkan kesadaran dan kemampuannya, baik dalam hal pengetahuan maupun keterampilan untuk melaksanakan  tanggung  jawab  dalam  pemuatan dan  pembongkaran serta pemeliharaan muatan  atau  penanganan  muatan  pada  kapal  tanker kimia dengan benar.
  • Lama Penlat : 05 Hari Kerja

Gas Tanker Specialized Training Program (GTSTP)
Masa berlaku untuk sertifikat: 5 tahun (Berdasarkan keputusan pemerintah)
  • Fotocopy tanda pengenal (ID) / KTP
  • Berusia minimal 16 tahun
  • Perwira/ Nakhoda/ KKM/ rating
  • Memiliki surat kesehatan yang masih berlaku
  • Memiliki sertifikat BST dan TF
Memenuhi  persyaratan :
  • IMO Model Course 1.06, STCW ’95 peraturan V / 1 – 2.2
  • Setelah mengikuti pelatihan, para peserta dapat meningkatkan kesadaran dan kemampuannya, baik dalam hal pengetahuan maupun keterampilan untuk melaksanakan  tanggung  jawab  dalam  pemuatan dan  pembongkaran serta pemeliharaan muatan  atau  penanganan  muatan  pada  kapal  tanker  gas dengan benar.
  • Lama Penlat : 05 Hari Kerja

Keterampilan Pelaut Dasar Nautika (Deck Watch Keeping) / DWK
  • Umur minimal 16  tahun
  • Foto copy tanda pengenal, sebanyak 1 lembar
  • Membayar biaya penlat
  • Memiliki surat keterangan masa layar ASLI di bagian deck minimal selama 6 bulan
  • Foto copy buku pelaut sebanyak 1 set
  • Foto copy sertifikat Basic Safety Training  (BST) sebanyak 1 lembar
  • Foto copy akte / surat kenal lahir sebanyak 1 lembar atau dokumen kelahiran lainnya seperti ijazah Sekolah Dasar (SD)
  • Foto copy ijasah umum minimal SLTP atau sederajat sebanyak 1 lembar
Memenuhi  persyaratan pemutakhiran:
  • IMO, STCW ’95 code  section  A  II / 4.
  • Setelah mengikuti pelatihan, para peserta dapat meningkatkan kesadaran dan kemampuannya, untuk memenuhi persyaratan minimum sebagai petugas jaga deck untuk tingkat ABK (rating) dengan baik sesuai ketentuan Konvensi STCW ’95.
  • Lama Penlat : 11 Hari Kerja

Keterampilan Pelaut Dasar Tehnika (Engine Watch Keeping) / EWK
  • Umur minimal 16  tahun
  • Foto copy tanda pengenal, sebanyak 1 lembar
  • Membayar biaya penlat
  • Memiliki surat keterangan masa layar ASLI di bagian deck minimal selama 6 bulan
  • Foto copy buku pelaut sebanyak 1 set
  • Foto copy sertifikat Basic Safety Training  (BST) sebanyak 1 lembar
  • Foto copy akte / surat kenal lahir sebanyak 1 lembar atau dokumen kelahiran lainnya seperti ijazah Sekolah Dasar (SD)
  • Foto copy ijasah umum minimal SLTP atau sederajat sebanyak 1 lembar
Memenuhi  persyaratan pemutakhiran:
  • IMO, STCW ’95 code  section  A  III / 4.
  • Setelah mengikuti pelatihan, para peserta dapat meningkatkan kesadaran dan kemampuannya, untuk memenuhi persyaratan minimum sebagai petugas jaga mesin untuk tingkat ABK (rating) dengan baik sesuai ketentuan Konvensi STCW ’95.
  • Lama Penlat : 11 Hari Kerja

General Operator Certificate (GOC)/ROC GMDSS Training
GMDSS :
  • Fotocopy tanda pengenal (ID) / KTP
  • Berusia minimal 16 tahun
  • Perwira/Nakhoda
  • Memiliki surat kesehatan yang masih berlaku
  • Memiliki sertifikat BST

ORU :
  • Fotocopy tanda pengenal (ID) / KTP
  • Pas photo ukuran 4 x 6 sebanyak 4 lembar dengan latar hijau, kemeja putih, berhas dan berdasi
  • Memiliki sertifikat GMDSS
  • Memiliki akte lahir
  • Memiliki copy ijazah ANT yang telah dilegalisir asli
  • Memiliki SKCK asli yang masih berlaku
  • Memiliki surat kesehatan asli yang masih berlaku
Memenuhi  persyaratan :
  • Sebagai  operator  radio  sesuai  STCW  ’95  section  A – IV / 2, IMO model Course 1.25
  • Setelah mengikuti pelatihan, para peserta dapat meningkatkan kesadaran dan kemampuannya, baik dalam hal pengetahuan maupun keterampilan untuk melaksanakan tugas dalam hal mengoperasikan  peralatan  komunikasi  radio kapal dengan menggunakan bahasa Inggris sesuai SOLAS yang ada di atas  kapal dengan benar.
  • Lama Penlat : 18 Hari Kerja

Radar Simulator (RS)
Masa berlaku untuk sertifikat: Tidak ada batasan (no limitation), tergantung kebutuhan perusahaan /pengguna (Berdasarkan keputusan pemerintah)
  • Fotocopy tanda pengenal (ID) / KTP
  • Berusia minimal 16 tahun
  • Perwira/ Nakhoda
  • Memiliki surat kesehatan yang masih berlaku
  • Memiliki sertifikat BST
Memenuhi  persyaratan :
  • IMO Model Course 1.07, 1.08, 1.09, STCW ’95 code  section  A II/1.2.
  • Setelah mengikuti pelatihan, para peserta dapat meningkatkan kesadaran dan kemampuannya, baik dalam hal pengetahuan maupun keterampilan untuk meningkatkan penggunaan Radar  sebagai alat bantu navigasi dan tugas jaga navigasi secara aman &  efektif sehingga memenuhi  persyaratan STCW  '95 section A - II/1-2 di atas kapal dengan benar.
  • Lama Penlat : 03 Hari Kerja

ARPA Simulator (AS)
Masa berlaku untuk sertifikat: Tidak ada batasan (no limitation), tergantung kebutuhan perusahaan /pengguna (Berdasarkan keputusan pemerintah)
  • Fotocopy tanda pengenal (ID) / KTP
  • Berusia minimal 16 tahun
  • Perwira/ Nakhoda
  • Memiliki surat kesehatan yang masih berlaku
  • Memiliki sertifikat BST dan Radar
Memenuhi  persyaratan :
  • IMO Model Course 1.08, STCW ’95 code section A II / 1 – 2 Resolusi 18.
  • Setelah mengikuti pelatihan, para peserta dapat meningkatkan kesadaran dan kemampuannya, baik dalam hal pengetahuan maupun keterampilan untuk meningkatkan penggunaan ARPA sebagai alat bantu navigasi dan tugas jaga navigasi secara aman &  efektif sehingga memenuhi  persyaratan STCW  '95 section A - II/1-2 di atas kapal dengan benar.
  • Lama Penlat : 03 Hari Kerja

Bridge Resources Management (BRM)
Masa berlaku untuk sertifikat: Tidak ada batasan (no limitation), tergantung kebutuhan perusahaan /pengguna (Berdasarkan keputusan pemerintah)
  • Fotocopy tanda pengenal (ID) / KTP
  • Berusia minimal 16 tahun
  • Perwira/Nakhoda
  • Memiliki surat kesehatan yang masih berlaku
  • Memiliki sertifikat BST/ ANT
Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan para peserta dapat meningkatkan efektifitas prosedur pengelolaan tim kerja anjungan dengan baik.
  • Lama Penlat : 05 Hari Kerja

Crowd and Crisis Management and Human Behavior Training (CCMHBT)
Masa berlaku untuk sertifikat: 5 tahun (Berdasarkan keputusan pemerintah)
  • Fotocopy tanda pengenal (ID) / KTP
  • Berusia minimal 16 tahun
  • Perwira/ Nakhoda/ KKM/ Rating/ Koki/ Messboy
  • Memiliki surat kesehatan yang masih berlaku
  • Memiliki sertifikat BST
Memenuhi  persyaratan minimum :
  • IMO Model Course 1.28, STCW ’95 code  section  A  V/2 dan A V/3 par. 1, 2 dan 3 untuk Nakhoda, perwira kapal, ABK dan personil lainnya pada kapal-kapal penumpang. (untuk crowd)
  • Memenuhi  persyaratan minimum :
  • IMO Model Course 1.28, STCW ’95 code  section  A  V/2 dan A V/3 , 5 untuk Nakhoda, perwira kapal, ABK dan personil lainnya pada kapal-kapal penumpang. (untuk crisis)
  • Setelah mengikuti pelatihan, para peserta dan tim manajemennya dapat menerapkan pengelolaan krisis dan tingkah laku manusia pada situasi ketika fungsi-fungsi tehnis dan fungsi organisasi berhenti, lemah dan benar-benar tidak berfungsi dengan baik.
  • Lama Penlat : 03 Hari Kerja

Maritime English (Officer/ Rating)
Masa berlaku untuk sertifikat: Tidak ada batasan (no limitation), tergantung kebutuhan perusahaan /pengguna (Berdasarkan keputusan pemerintah)
  • Fotocopy tanda pengenal (ID) / KTP
  • Berusia minimal 16 tahun
  • Perwira/ Nakhoda/ KKM/ Rating
  • Memiliki surat kesehatan yang masih berlaku
  • Memiliki sertifikat BST/ ANT/ ATT
Memenuhi  persyaratan :
  • STCW ’95 IMO Model Course 3.17.
  • Setelah mengikuti pelatihan, para peserta dapat meningkatkan kesadaran dan kemampuannya, baik dalam hal pengetahuan maupun keterampilan dalam berbahasa Inggris di atas kapal sesuai ketentuan IMO (Konvensi STCW) dengan baik.
  • Lama Penlat : 20 Hari Kerja

Engine Room Resources Management (ERRM)
Masa berlaku untuk sertifikat: Tidak ada batasan (no limitation), tergantung kebutuhan perusahaan /pengguna (Berdasarkan keputusan pemerintah)
  • Fotocopy tanda pengenal (ID) / KTP
  • Berusia minimal 16 tahun
  • Perwira/ KKM
  • Memiliki surat kesehatan yang masih berlaku
  • Memiliki sertifikat BST/ ATT
Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan para peserta dapat meningkatkan efektifitas prosedur pengelolaan tim kerja kamar mesin dengan baik.
  • Lama Penlat : 05 Hari Kerja

Ship Handling and Maneuvering Course (SHMC)
Masa berlaku untuk sertifikat: Tidak ada batasan (no limitation), tergantung kebutuhan perusahaan /pengguna (Berdasarkan keputusan pemerintah)
  • Fotocopy tanda pengenal (ID) / KTP
  • Berusia minimal 16 tahun
  • Nakhoda/ Perwira
  • Memiliki surat kesehatan yang masih berlaku
  • Memiliki sertifikat BST/ ANT
  • Memenuhi  persyaratan  peraturan  VI / 1  dan  code  section  A  VI / 1  STCW  ‘95.
  • Menjamin para perwira deck sudah dilatih dan disiapkan untuk merespon secara selamat dan efektif dalam mengolah gerakan kapalnya dengan benar.
  • Lama Penlat : 02 Hari Kerja

Electronic Chart Display and Information System (ECDIS)
Masa berlaku untuk sertifikat: Tidak ada batasan (no limitation), tergantung kebutuhan perusahaan /pengguna (Berdasarkan keputusan pemerintah)
  • Fotocopy tanda pengenal (ID) / KTP
  • Berusia minimal 16 tahun
  • Nakhoda/ Perwira
  • Memiliki surat kesehatan yang masih berlaku
  • Memiliki sertifikat BST/ ANT
Untuk mempertinggi kesadaran dalam keselamatan pelayaran dengan memberikan pengetahuan dan kemampuan yang diperlukan untuk memanfaatkan secara penuh semua aspek dari ECDIS.
  • Lama Penlat : 05 Hari Kerja

Mooring Master Training (MMT)
Masa berlaku untuk sertifikat: Tidak ada batasan (no limitation), tergantung kebutuhan perusahaan /pengguna (Berdasarkan keputusan pemerintah)
  • Fotocopy tanda pengenal (ID) / KTP
  • Berusia minimal 16 tahun
  • Memiliki surat kesehatan yang masih berlaku
  • Memiliki sertifikat BST/ ANT
  • Nakhoda, Officer kapal dan staf darat yang memiliki sertifikat kelautan
Memenuhi persyaratan sertifikasi yang dikenal secara international dari organisasi-organisasi / asosiasi-asosiasi maupun pengguna jasa yang terkait dengan aktivitas Terminal Tanker.
  • Lama Penlat : 09 Hari Kerja

Loading Master Training (LMT)
Masa berlaku untuk sertifikat: Tidak ada batasan (no limitation), tergantung kebutuhan perusahaan /pengguna (Berdasarkan keputusan pemerintah)
  • Fotocopy tanda pengenal (ID) / KTP
  • Berusia minimal 16 tahun
  • Memiliki surat kesehatan yang masih berlaku
  • Memiliki sertifikat BST/ANT
  • Nakhoda, Perwira Deck, Mooring Master, Pengelola Oil Terminal
Memenuhi persyaratan sertifikasi yang dikenal secara Internasional untuk orang yang bertugas mengawasi perpindahan muatan minyak antara kapal tanki, tongkang dan terminal ketika kapal sandar di dermaga dengan cara aman, terjamin kualitas dan kuantitasnya serta tepat waktu.
  • Lama Penlat : 05 Hari Kerja

Marine Terminal Management and Operation (MTMO)
Masa berlaku untuk sertifikat: Tidak ada batasan (no limitation), tergantung kebutuhan perusahaan /pengguna (Berdasarkan keputusan pemerintah)
  • Fotocopy tanda pengenal (ID) / KTP
  • Berusia minimal 16 tahun
  • Memiliki surat kesehatan yang masih berlaku
  • Memiliki sertifikat BST/ANT
  • Nakhoda, Perwira Deck, Mooring Master, Pengelola Oil Terminal
Memenuhi persyaratan sertifikasi yang dikenal secara Internasional untuk orang yang bertugas mengawasi perpindahan muatan minyak antara kapal tanki, tongkang dan terminal ketika kapal sandar di dermaga dengan cara aman, terjamin kualitas dan kuantitasnya serta tepat waktu.
  • Lama Penlat : 05 Hari Kerja

Confined Space Entry (CSE)
Masa berlaku untuk sertifikat: Tidak ada batasan (no limitation), tergantung kebutuhan perusahaan /pengguna (Berdasarkan keputusan pemerintah)
  • Fotocopy tanda pengenal (ID) / KTP
  • Berusia minimal 16 tahun
  • Memiliki surat kesehatan yang masih berlaku
  • Memiliki sertifikat BST/ANT
  • Nakhoda, Perwira Deck, Pekerja Proyek/Industri
Memenuhi persyaratan :
  1. IMO, Recommendations for Entering Enclosed Spaces Aboard Ships (Resolution A.864 (20))
  2. The Health and Safety at Work etc Act 1974
  3. The Confined Spaces Regulations 1997
  4. The Management of Health and Safety at Work Regulations 1999, regulations 7
  5. The Control of Substances Hazardous to Health Regulations 2002 (as amended)
  6. The Personal Protective Equipment at Work Regulations 1992 (as amended)
  • Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan para peserta dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilannya untuk menghindari risiko kecelakaan kerja dan melakukan tindakan pertolongan pada korban kecelakaan kerja ketika bekerja di dalam ruangan tertutup dengan benar.
  • Lama Penlat : 03 Hari Kerja

Proficiency in Fast Rescue Boats (PFRB)
Masa berlaku untuk sertifikat: Tidak ada batasan (no limitation), tergantung kebutuhan perusahaan /pengguna (Berdasarkan keputusan pemerintah)
  • Fotocopy tanda pengenal (ID) / KTP
  • Berusia minimal 16 tahun
  • Memiliki surat kesehatan yang masih berlaku
  • Memiliki sertifikat BST dan PSCRB
  • Nakhoda/ Perwira/ ABK
Memenuhi  persyaratan :
  • IMO M.C.1.24, STCW ’95 section A-VI/2-2, Par. 1
  • Setelah mengikuti pelatihan, para peserta dapat meningkatkan kesadaran dan kemampuannya, baik dalam hal pengetahuan maupun keterampilan untuk melaksanakan tugas dalam hal menangani, bertanggung jawab dan mengkontrol sekoci selama ataupun setelah peluncuran dalam kondisi laut dan cuaca yang tidak mendukung. Peserta juga diharapkan mampu untuk mengoperasikan mesin sekoci penyelamat cepat (fast rescue boats)
  • Lama Penlat : 03 Hari Kerja

Shipboard Safety Officer Training (SBSOT)
Masa berlaku untuk sertifikat: Tidak ada batasan (no limitation), tergantung kebutuhan perusahaan /pengguna (Berdasarkan keputusan pemerintah)
  • Fotocopy tanda pengenal (ID) / KTP
  • Berusia minimal 16 tahun
  • Memiliki surat kesehatan yang masih berlaku
  • Memiliki sertifikat BST/ ANT/ ATT
  • Nakhoda/ Perwira/ KKM
Sangat sesuai untuk para pelaut yang akan dan sudah pernah menjadi perwakilan atau perwira yang bertindak dalam bidang keselamatan kapal. Pendidikan ini berisi pencegahan dan investigasi kecelakaan.
  • Lama Penlat : 03 Hari Kerja

Jetty Operation Safety Course (JOSC)
Masa berlaku untuk sertifikat: Tidak ada batasan (no limitation), tergantung kebutuhan perusahaan /pengguna (Berdasarkan keputusan pemerintah)
  • Fotocopy tanda pengenal (ID) / KTP
  • Berusia minimal 16 tahun
  • Memiliki surat kesehatan yang masih berlaku
  • Memiliki sertifikat BST/ANT/ATT (jika ada)
  • Marine Terminal Superintendent, Berthing/Mooring Master, Health and Safety Officer (LK3), Kepala Depot/Instalasi Tanki dan Pengapalan, Kepala/Staff Operasi Pelabuhan, Kepala/Staff Processing Cargo, Loading/Discharging Master, Supporting Staff yang terkait dengan aktivitas cargo transfer pelabuhan
  • Memberikan pemahaman dalam prinsip-prinsip pengoperasian Pelabuhan Khusus (Oil) secara safe  dan secure sesuai standar Internasional bagi operator Pelabuhan (Jetty) maupun personil yang terlibat dalam operasi penanganan transfer muatan.
  • Menyiapkan anggota tim yang kompeten dalam menerapkan system manajemen operasional khususnya bidang pengelolaan pelabuhan khusus/tanker terminal.
  • Lama Penlat : 05 Hari Kerja

Performance Quantity Control (PQC)
Masa berlaku untuk sertifikat: Tidak ada batasan (no limitation), tergantung kebutuhan perusahaan /pengguna (Berdasarkan keputusan pemerintah)
  • Fotocopy tanda pengenal (ID) / KTP
  • Berusia minimal 16 tahun
  • Memiliki surat kesehatan yang masih berlaku
  • Memiliki sertifikat BST/ ANT/ ATT (jika ada)
  • Petugas PQC di terminal tanker minyak
Setelah mengikuti pelatihan, diharapkan para peserta mampu meningkatkan kemampuan dalam hal pengetahuan maupun keterampilan untuk menyempurnakan tugas-tugas sebagai Performance Quantity Controller, dalam menunjang usaha menciptakan fungsi kontrol terhadap kuantitas dan kualitas muatan dalam penyelesaian masalah penanganan muatan dan tanker minyak ketika berada di terminal dengan baik.
  • Lama Penlat : 05 Hari Kerja

Oil Spill Response IMO Level I and II
Masa berlaku untuk sertifikat: Tidak ada batasan (no limitation), tergantung kebutuhan perusahaan /pengguna (Berdasarkan keputusan pemerintah)
  • Fotocopy tanda pengenal (ID) / KTP
  • Berusia minimal 16 tahun
  • Memiliki surat kesehatan yang masih berlaku
  • Memiliki sertifikat BST/ ANT/ ATT (jika ada)
  • PFSO/Mooring Master
  • Improving the skills of field supervisory personnel responsible for undertaking on–site clean up operations and provide them with a complete overview of the various techniques available for recovering oil spilled at sea and cleaning of polluted shorelines.
  • To provide a general overview of oil spill response, limitations and issues, it involves interaction between training delegates on issues such as : net environmental benefit when choosing response options, health and safety ; media response ; multi-agency interest/engagement ; claims and compensation ; public scrutiny of the response ; when to terminate the cleanup and the ever present pressure to succeed.
  • Lama Penlat : 03 Hari Kerja

Offshore Lifeboat Coxswain (OLC)
Masa berlaku untuk sertifikat: Tidak ada batasan (no limitation), tergantung kebutuhan perusahaan /pengguna (Berdasarkan keputusan pemerintah)
  • Fotocopy tanda pengenal (ID) / KTP
  • Berusia minimal 16 tahun
  • Memiliki surat kesehatan yang masih berlaku
  • Memiliki sertifikat BST/ ANT/ ATT/ BSSOT
  • Pekerja Offshore/ Pelaut
  • Untuk memenuhi persyaratan sertifikasi STCW code section A.VI/2.1 - 4, STCW ’95.
  • Pelatihan ini dirancang untuk personil yang ditunjuk sebagai pengemudi sekoci penolong pada instalasi offshore.
  • Setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta diharapkan dapat mempelajari dan mendemostrasikan pada tingkat keahlian di seluruh aspek yang meliputi persiapan, peluncuran, manuver (olah gerak) dan memperoleh kembali sekoci penolong tertutup secara total(Totally Enclosed Lifeboat/TEMPSC) dengan benar.
  • Lama Penlat : 03 Hari Kerja